Kamis, 06 Maret 2014

Berbagai Macam Cara untuk Merawat Wajah dan Tubuh

A. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Alami

 Daun Sirih
 Daun sirih adalah antiseptik alami. Air daun sirih dapat dipakai untuk mencuci wajah yang berjerawat, sehingga mencegah radang dan mempercepat mengempeskan jerawat. Selain sebagai antiseptik, daun sirih akan membuat jerawat kempes tanpa menimbulkan noda. Cara menggunakannya mudah, ambil 3 lembar air daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Biarkan air menyusut, dinginkan. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah yang berjerawat dua kali sehari.

 Tomat
 Tomat telah lama dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah, cuci tomat ukuran kecil lalu iris kecil sesuai kebutuhan. Potong-potong lalu haluskan. Usapkan pada bekas jerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur setiap hari.

  Jagung Muda
 Jagung muda dapat mengembalikan kehalusan kulit pada mereka yang terkena cacar air atau bekas jerawat yang berbentuk parutan. Parut jagung muda secukupnya, usapkan pada wajah atau pada bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur hingga bekas jerawat hilang.

Mentimun
 Mentimun adalah bahan alami yang berfungsi sebagai pembersih sekaligus penyegar wajah. Mentimun juga dapat mencegah peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat, terutama untuk mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Parut mentimun, lalu usapkan pada bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit lalu bilas.

 Kunyit
 Kunyit adalah bahan tradisional yang telah dikenal ribuan tahun sebagai produk kecantikan alami, dari Puteri Keraton hingga Cleopatra. Selain sehat, kunyit dikenal mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cuci kunyit, kupas kulitnya. Potong sesuai kebutuhan lalu parut. Oleskan parutan itu pada noda jerawat, diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan rutin hingga noda hitam jerawat hilang.

 Lemon
 Perasan air lemon adalah bahan alami yang dapat mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Waktu yang dibutuhkan memang lebih lama dibandingkan krim buatan pabrik, tetapi karena lemon bahan alami, tidak akan ada efek sampingnya. Usapkan air perasan lemon pada noda bekas jerawat, diamkan 30 menit, bilas dengan air dingin.

 Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran dan waktu yang lebih lama dibandingkan krim berbahan kimia, tetapi karena alami, bahan-bahan alami lebih ramah, aman dan bersahabat di wajah.

B. CARA MENGHINDARI BAU MULUT TAK SEDAP

 1. Kurangi Makanan Manis
 Makanan manis akan berubah menjadi asam bila lama tinggal di mulut dan membuat nafas kita tidak sedap, bahkan bisa membuat gigi berlubang. KurangI makanan bergula dapat mencegah dari bau mulut yang mengganggu.

 2. Makanan Berbumbu Tajam
 Bawang-bawangan, saus dan sebagainya merupakan makanan yang berpotensi membuat nafas kita bau. Anda bisa tetap menikmati makanan dengan bumbu seperti ini, namun jangan lupa untuk berkumur setelahnya.

 3. Berkumur Setelah Makan
 Kumur setelah Anda makan bisa membersihkan rongga mulut secara alami. Kumur tiga kali untuk mengurangi efek sisa makanan setelah makan.

 4. Membersihkan Lidah
 Selain menyikat gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah. Lidah merupakan salah satu sumber kuman di mulut. Bersihkan dengan sikat khusus lidah agar tidak membuat iritasi.

 5. Periksa Gigi
 Memeriksa gigi secara rutin merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah bau mulut. Salah satu penyebab nafas tak sedap bisa jadi karena gigi berlubang yang belum terdeteksi. Periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan pembersihan gigi.

6. Rongga Mulut dan Gusi
 Tidak hanya gigi dan lidah. Anda perlu membersihkan rongga mulut dengan seksama, serta memperhatikan bagian gusi. Untuk hal ini, selain berkumur, bisa juga dengan memeriksakan ke dokter gigi.


C. CARA MEMUTIHKAN LUTUT & SIKU

 1. Minyak kelapa
 Selain untuk memasak, ternyata minyak kelapa juga mempunyai kegunaan lain, yaitu dapat memutihkan lutut dan siku yang gelap. Oleskan minyak kelapa pada bagian lutut atau siku kemudian pijat perlahan selama 5-8 menit. Biarkan beberapa saat hingga minyak kelapa meresap ke dalam kulit lalu bilas dengan air bersih.

 2. Yoghurt dan cuka
Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan lutut dan siku adalah campuran yoghurt yang ditambah dengan beberapa tetes cuka.

 3. Gula dan baking soda
Ramuan alami lainnya adalah dengan mencampurkan gula dan baking soda atau soda kue kemudian mengoleskannya pada lutut atau siku. Gosok-gosokkan untuk membersihkan kulit dan biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih dan gunakan lotion.

 4. Perasan lemon
 Peras lemon untuk mengambil sarinya kemudian celupkan kapas dan oleskan pada bagian lutut dan siku. Sebelum dibilas dengan air bersih biarkan hingga 10-15 menit. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari.

 5. Minyak mustard dan garam
Bahan selanjutnya yang juga dapat Anda gunakan untuk memutihkan lutut dan siku yang hitam adalah campuran antara minyak mustard dan sedikit garam. Oleskan campuran ini pada kulit yang gelap dan gosokkan selama 5-7 menit.


D. MERAWAT KUKU AGAR TERLIHAT SEHAT DAN CERAH

Bawang Putih
 Jika sahabat memiliki jenis kuku rapuh, sebaiknya sahabat dapat mencoba dengan mengoles kuku sahabat dengan bawang putih, setelah itu usaplah dengan handuk hangat. Bawang putih dapat bermanfaat untuk membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

 Minyak Zaitun
 Ingin memiliki kutila yang sehat, lembut dan cerah, sahabat dapat mencoba dengan mencampurkan Vitamin E cair sebanyak 1 sendok teh dengan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada kuku-kuku sahabat. Sebaiknya lakukanlah secara teratur untuk mendapatkan kuku yang indah dan sehat alami.

Jeruk Nipis
 Caranya juga sangat mudah, hanya dengan merendam kuku dengan air hangat yang telah dicampur dengan jeruk nipis selama beberapa menit.  Setelah itu keringkan kuku dengan menggunakan handuk atau sapu tangan. Sebaiknya lakukanlah secara teratur agar kuku sahabat menjadi lebih sehat dan berkilau.

 Lemon
 Caranya dengan mencampur 1 sendok perasan lemon dengan pasta gigi, aduk hingga rata dan oleskan pada kuku-kuku sahabat. Diamkan selama beberapa menit hingga kering, kemudian basuhlah dengan air hangat.  Sebaiknya lakukanlah seminggu sekali hingga warna kuku menjadi normal dan cerah kembali.

 Belimbing Wuluh
 Caranya hanya dengan menggosokkan belimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah selama 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan kuku yang bersih dan kuat.

E. TIPS CARA MENGHILANGKAN BEKAS LUKA

 1. Jeruk Nipis
 Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin yang dapat menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya hanya dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, lalu belahlah menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian bekas luka. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Untuk pertama kali pemakaian kulit akan terasa sedikit perih atau pedis pada kulit, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut merupakan proses untuk menghilangkan noda hitam di kulit.

 2. Mentimun
Selain jeruk nipis, ternyata mentimun juga dapat bermanfaat untuk mengurangi bekas luka atau menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menghancurkan mentimun hingga berbentuk seperti pasta, kemudian letakkan mentimun tadi pada bekas luka dan diamkan selama sepanjang malam. Lakukanlah setiap malam setiap sebelum tidur secara teratur hingga bekas luka menghilang sedikit demi sedikit.

3. Madu
Madu selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka atau noda hitam di kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama semalaman. Lakukanlah setiap hari secara rutin hingga bekas luka memudar dan hilang.


F. Tips Untuk Mengatasi Bau Badan dengan Cepat dan Alami

Perhatikan kebersihan Tubuh/ diri anda. Mandi minimal 2 kali sehari dengan bersih

Gunakan Deodorant, Sehabis mandi setiap hari. Ada banyak deodorant yang dijual di mini market sekitar rumah anda dan produk ini banyak sekali macamnya. Bahkan sekarang ada yang semprot.

Dengan menggunakan Batu tawas. Jika anda ingin cara yanga lebih murah maka anda bisa menggunakan batu tawas. Harga batu tawas di pasar tradisional yaitu cuma Rp.1500,- namun hasilnya mengalahkan deodorant. Saya sering menggunakan batu tawas dan bisa tahan 2 hari tanpa mengeluarkan bau. Selain itu batu tawas juga mempunyai masa aktif pakai yang lama dan bisa dibilang batu tawas itu unlimeted pemakaian hehehhe. Hanya dengan cara menggosokkan batu tawas diketiak anda sehabis mandi setiap hari, dijamin gak bakalan bau lagi !

Kurangi Konsumsi Bawang .Bawang tenyata dapat menyebabkan bau badan, selain itu bawang juga bisa membuat nafas anda menjadi bau. Jadi solusi berikutnya adalah dengan mengurangi mengkonsumsi bawang sebab bawang akan membuat keringat menjadi bau minta ampun.

Dengan Jeruk Nipis. Jeruk nipis ternyata jugamempunyai khasiat untuk menghilangkan bau badan/ bau ketek, Hanya dengan cara memeras jeruk nipis, lalu air jeruk nipis yang telah diperas tadi dicampur sedikit kapur sirih. Kemudia gosokkanlah pada bagian yan dapat menimbulkan keringat seperti ketiak.

Dengan menggunakan Daun Sirih .Daun sirih mempunyai banyak manfaat . Daun ajaib ini pun manjur untuk menghilangkan bau badan . Hanya dengan cara merendam beberapa daun sirih kedalam air panas. Lalu airnya diminum setiap hari sampai bau badan menjadi berkurang. Atau biasa juga dengan mencoba menghalusskan daun sirih yang telah dicampur dengan kapur, lalu oleskanlah pada bagian ketiak. Daun sirih juga termasuk daun yang banyak disekitar anda. Jadi bahan untuk hidup bersih dan alami bisa anda dapatkan disekitar rumah anda.

G. Cara mudah Memutihkan Kulit Wajah

 1. Cara memutihkan wajah dengan Jeruk Nipis
 Jeruk nipis selain digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan atau ramuan masakan, juga sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Perasan air jeruk dapat mengecilkan pori-pori dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Manfaat lainnya adalah untuk memutihkan serta melembutkan kulit. Gosokkan irisan kulit jeruk pada wajah dan bagian tubuh lainnya sebelum mandi. Jika dilakukan secara rutin, ini akan memberi hasil yang memuaskan berupa kulit yang putih dan halus.

2. Cara memutihkan wajah dengan buah Alpukat
 Buah Alpukat banyak mengandung vitamin, mineral dan minyak alami yang dapat membantu sobat untuk mempercatik dan menyehatkan kulit. Kandungan buah alpukat kaya akan vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat mengandung vitamin A, vitamin C dan vitaminE, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik dan protein yang biasanya tidak ditemukan pada semua buah-buahan. Kandungan alpukat tersebut sangat berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit. Sobat dapat memanfaatkan bagian dalam kulit alpukat yang mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan dengan lembut pada bagian wajah yang ingin tampak lebih putih, dan bilas dengan air setelah 15 menit. Untuk memutihkan kulit, campurkan daging buah alpukat yang telah matang 2-3 buah dan air secukupnya kemudian dihaluskan sebagai bahan lulur. Gunakan pasta ini selama 15 menit lalu bilas hingga bersih sebelum anda mandi. Selain dapat memutihkan kulit tubuh secara alami, pasta ini dapat menjaga kelembaban kulit.
3. Cara memutihkan wajah dengan Bengkoang
Anda bisa memanfaatkan masker dan lulur bengkoang untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Karena bengkoang mengandung fosfor dan kalsium alami, yang dapat menjadikan kulit lebih putih, sehat, dan bersih. Cara memutihkan kulit wajah  menggunakan masker bengkoang dengan cara menghaluskan umbi bengkoang tersebut lalu menerapkannya pada wajah lalu biarkan selama 10-15 menit atau hingga kering lalu dibersihkan. Selain dapat memutihkan kulit, masker bengkoang ini juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

4. Cara memutihkan wajah dengan buah pisang dan madu
Carilah satu buah pisang ambon, kemudian kupas dan lumatkan hingga halus. Tambahkan madu satu sendok teh  lalu aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh bagian wajah termasuk leher dan diamkan selama sekitar 15 menit dan setelah itu cuci bersih dengan air dingin. Hal ini sama saja dengan istilah membuat masker wajah dengan buah pisang dan madu. Lakukan hal ini rutin sekali dalam sehari dan niscaya kulit wajah anda akan terlihat lebih putih dan halus.

5. Memutihkan Wajah Menggunakan Masker Mentimun dan Kentang
Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk memutihkan kulit badan sekaligus menghaluskan kulit secara alami. Beberapa tanaman yang bisa dijadikan masker pemutih kulit tubuh seperti mentimun, tomat, ubi, kentang dan wortel. Caranya cukup dengan menghaluskan dan menambahkan air secukupnya pada salah satu diantara buah tersebut lalu mengolesnya secara langsung di seluruh kulit kita. Selain dapat memutihkan kulit juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit yang kusam.

H. Cara memutihkan wajah secara alami dan cepat

1. Buah bengkoang
 Sari bengkoang sudah banyak digunakan pada produk kosmetik pemutih wajah. Tetapi untuk mendapatkan manfaat bengkoang yang maksimal sebaiknya langsung diambil dari buahnya. Caranya sangat mudah cukup ambil sari perasan bengkoang untuk dijadikan masker atau dijadikan bahan untuk luluran.

2. Putih Telur
 Putih telur yang mengandung protein ternyata dapat digunakan untuk memutihkan wajah. Gunakan putih telur sebagai masker wajah sekali seminggu. Selain untuk memutihkan wajah ternyata putih telur dapat juga digunakan untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Lakukan secara rutin dan rasakan manfaatnya setelah beberapa minggu.

3. jeruk Nipis
 Jeruk nipis mengandung anti oksidan yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori secara alami ternyata dapat juga bermanfaat untuk membuat kulit menjadi putih dan terlihat lebih segar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan perasan air jeruk di tambah putih telur untuk dijadikan masker saat sebelum tidur.

4. Susu
 Mungkin anda pernah mendengar dan melihat orang mandi susu. Susu ternyata memiliki khasiat dapat membuat kulit wajah kusam menjadi lebih cerah. Caranya cukup mudah, ambil beberapa tetes susu putih kemudian oleskan pada bagian wajah anda menggunakan kain. Kandungan pada susu dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Setelah wajah di oleskan susu jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air bersih dan lakukan sebelum tidur..


I.Cara perawatan wajah dengan bahan alami

1. Lada Manis (Paprika)
Paprika adalah salah satu bahan alami yang bagus untuk facial wajah Anda, dengan membuat masker dari olahan paprika Anda bisa memutihkan wajah Anda, dimana masker paprika ini bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah di dalam wajah. Anda bisa menghancurkan (mem-blender) paprika merah atau hijau untuk menghasilkan pasta atau krim sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah Anda dan kemudian biarkan selama lima belas menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air dingin. Dengan krim alami ini sel-sel kulit wajah Anda dapat lebih sehat dan pastinya wajah putih alami bisa Anda dapatkan.

2. Yogurt
Yogurt ternyata bisa memberikan kelambapan untuk kulit wajah Anda. Dengan mencampur sedikit madu dan kemudian oleskan pada kulit wajah Anda, biarkan selama 10 menit kemudian bisa dibersihkan dengan air. Masker berbahan yogurt ini bisa menghaluskan kulit wajah Anda, pastinya kulit wajah putih nan halus adalah dambaan semua orang.

3. Chamomile
Chamomile memang biasa dijadikan teh. Namun bunga ini bisa berfungsi sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Chamomile juga memiliki banyak kandungan untuk mengatasi mata yang bengkak. Anda hanya perlu mencelupkan kantong teh ke dalam air panas, dan biarkan sampai dingin. Kemudian, tempelkan kantong teh pada mata. Lakukan hal ini selama dua minggu untuk melihat hasilnya.

5. Susu
Anda pasti sudah mendengar tentang manfaat mandi susu. Tetapi bila mandi susu dirasa terlalu repot, cukup gunakan susu untuk membasuh muka. Susu memiliki banyak bahan yang dapat mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah, dan meningkatkan warna kulit dengan cara yang sempurna. Tuang beberapa tetes susu pada kain pencuci muka, lalu gunakan kain tersebut untuk menggosok wajah dengan lembut. Susu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menutup wajah, dan memberikan warna yang baru.

6. Minyak alpukat

Banyak perempuan yang malas membersihkan wajah sebelum tidur, karena merasa sudah begitu lelah. Nah, minyak alpukat dapat membantu Anda yang tak sempat mencuci muka sebelum tidur. Minyak alpukat ini secara efektif membantu menghilangkan sisa-sisa riasan wajah. Setelah menghapus sisa make-up, gunakan tisu untuk menyerap kelebihan minyak yang tertinggal di wajah.

7. Jeruk nipis dan putih telur
Putih telur sering disebut mampu mengencangkan kulit wajah. Untuk memperbaiki warna kulit, campurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur. Gunakan bahan ini sebagai masker wajah. Oleskan masker jeruk dan putih telur ini ke wajah, lalu biarkan mengering sendiri. Setelah 5 10 menit, basuh muka Anda dengan air dingin. Hasilnya bisa Anda lihat setelah rutin melakukan hal ini paling tidak seminggu.

8. Almond
Almond dapat membantu mengurangi kegelapan warna kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih terang. Cara praktis dan alami untuk menggunakan almon untuk memutihkan kulit adalah dengan mencampurkan almon dengan susu dan sedikit kunyit. Caranya, pada pagi hari, rendam 4-5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair. Pada malam harinya, keluarkan kunyit, lalu haluskan almon dalam susu tersebut hingga terbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher dan biarkan semalaman. Setelah itu, pada pagi harinya bilas dengan air dingin dan bersihkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini 2 minggu sekali.

9. Tomat
Tomat kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Banyak kosmetik pencerah kulit yang memakai ekstrak tomat sebagai bahan aktifnya. Nah, jika Anda ingin memakai tomat segar sebagai pemutih kulit, ambil tomat berukuran besar lalu parut. Tambahkan 2-3 tetes air perasan lemon dan beberapa tetes air mawar, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher dengan kuas, diamkan selama 15 menit,lalu bilas. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

10. Pepaya
Pepaya yang berwarna hijau atau oranye dapat berkhasiat mencerahkan kulit. Pepaya hijau mengandung enzim papain yang ideal untuk memutihkan kulit. Caranya, ambil satu sendok makan pepaya hijau (pepaya yang masih mangkal) yang telah dihaluskan, dan satu sendok makan pepaya masak, campurkan. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

11. Kentang
Kentang ternyata dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit, lho. Jus kentang dapat digunakan sebagai pemutih alami bagi kulit kita. Caranya, parut satu buah kentang dan tambahkan satu sendok teh madu, campur lalu oleskan pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Ramuan ini cocok untuk semua jenis kulit.

Cr : Berbagai sumber
Shared : Refi Nakpaskibasmapanbeze’em | @SooraRefi26 
Created :  Refiana Okta Soradika

♥♥ 수라 ♥♥ - 23 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar